Biografi KH. M. Ramli Abdussamad



Ponpes Hidayatullah, Biografi - KH. M. Ramli Abdussamad adalah anak ke empat dari 6 bersaudara dari pasangan H. Abdussamad Abd. Muthalib dengan Mardiyah Salman yang lahir pada tanggal 29 Oktober 1941 di Pasayangan Martapura. 

Beliau menikah dengan seorang perempuan bernama Hj. Salamah Marhasan (Rantau) dan dikaruniai 7 orang anak, yaitu: Siti Muflihah, S.Ag, Siti Khirol Anami, S.Pd.I, Nurul Huda, S.Pd.I, Mursyidawati, S.Pd.I, Hidayaturrahman, S.Pd.I, Khairul Arifin, dan M. Sirajuddin.

Beliau pernah belajar di Sekolah Rakyat Negeri (SRN) Martapura, SMPN BAO Martapura, SMIH Hidayatullah, UGA Negeri Martapura, MAAIN Banjarmasin dan beliau pernah mengikuti berbagai macam organisasi kemasyarakatan, pelatihan, seminar, kursus dan salah satunya yaitu kursus bahasa Jerman di Perguruan Tinggi Sumber Pengetahuan.

Beliau mulai mengabdikan diri dengan mengajar di SMIH Hidayatullah semenjak tahun 1967 dengan memegang mata pelajaran Bahasa Jerman, Faraid, Tauhid, dll. Beliau pernah memegang jabatan sebagai Kepala Madrasah MI, MTs, Pimpinan, dan Ketua Yayasan Hidayatullah.

Beliau wafat pada hari Rabu tanggal 15 Syawal 1432 / 14 September 2011 dan dimakamkan di Komplek Pekuburan Muslimin Karangan Putih, Keraton, Martapura.

Sumber : Buku Sejarah dan Biografi Singkat Pesantren Hidayatullah Martapura Tahun 2016 
Diberdayakan oleh Blogger.