Biografi KH. Abdul Malik Muchtar El-Husaini



Ponpes Hidayatullah, Biografi - Beliau adalah anak ke sebelas dari 12 bersaudara, dari pasangan H. Mochtar Husin dan Hj. Salamah Abd. Muthalib. Lahir di Pasayangan tanggal 03 April 1939. Beliau bersekolah di Sekolah Rendah Pemerintah selama 6 tahun kemudian melanjutkan ke SMIP Hidayatullah (MTs & MA), beliau mengikuti pendidikan di MAAIN dan kelembaga Bahasa Arab Jakarta. Setelah selesai ,beliau mengajar di SMIH Hidayatullah, pernah menjadi Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah.

Pada tanggal 9 November 1971 beliau menikah dengan seorang gadis Kampung Jawa, Martapura yang bernama Hj. Siti Salmiah Said dan dikaruniai 6 orang anak, yaitu : Faizah, S.Ag, Nurid Kholil, M. Fahri, S.Pd.I, Siti Raudhah S.Pd.I. Taufiqurrahman dan Fakhrivah, M.Km.

Semasa hidup beliau pernah menjadi khatib, penceramah, dan aktif dibeberapa organisasi kepemudaan. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan dan Pimpinan Umum Pesantren Hidayatullah sampai akhir hayat.

Pada tanggal 15 Syaban 1434 H / 23 Juni 2013 beliau meninggal dan dimakamkan di komplek pekuburan PP. Hidayatullah Taman Hudaya Bincau, Martapura

Sumber : Buku Sejarah dan Biografi Singkat Pesantren Hidayatullah Martapura Tahun 2016

Diberdayakan oleh Blogger.