Biografi KH. M. Rusydi Taufiq, Lc


Ponpes Hidayatullah, Biografi - KH. M. Rusydi Taufiq, Lc adalah anak ke tujuh dari 12 bersaudara dari pasangan H. Muchtar Husin dengan Hj. Salamah Abd Muthalib, lahir di Pasayangan, Martapura pada tanggal 10 Rajab 1350 H / 20 November 1932 M. Beliau bersekolah di Ponpes Darussalam satu angkatan dengan KH. Badaruddin Kelurahan Kampung Jawa dan KH. Husin Mugni Tunggul Irang. belum selesai bersekolah disana. beliau melanjutkan pendidikannya ke SMIP Hidayatullah. Setelah menamatkan pendidikannya, beliau melanjutkan ke Kairo, Mesir selama 10 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Kairo, beliau pulang pada tahun 1967dan langsung mengabdikan dirinya di Pesantren Hidayatullah.

Pada tahun 1969, beliau menikahi seorang gadis Pasayangan bernama Hj. Maknun binti KH. Azhari dan dikaruniai 4 orang anak yaitu,
  1. Muhammad Ihsan, S.Ag bekerja sebagai kamad MTs. Hidayatullah
  2. Muhammad Rifat, M.Ag bekerja sebagai Pimpinan II Pesantren Hidayatullah dan Dosen Fakultas Dakwah.
  3. Faridah, S.Ag, bekerja sebagai guru MTs. Hidayatullah
  4. Mutiah, M.M, bekerja sebagai wiraswasta.

Beliau pernah aktif sebagai penceramah, dosen, ketua NU, anggota MUI, dan anggota DPR Kab. Banjar.

Beliau wafat pada hari Senin tanggal 9 Rabiul Awal /16 April 2005 M. dan dimakamkan dikomplek Pekuburan PP. Hidayatullah Taman Hudaya, Bincau. Diantara karya tulis beliau adalah : 1. Al-Lughatul Arabiyah 2. Al-Adabul Arobi, dll.

Sumber : Buku Sejarah dan Biografi Singkat Pesantren Hidayatullah Martapura Tahun 2016

Diberdayakan oleh Blogger.